pasang
Powered by Blogger.
SEO Reports for sipudoko.blogspot.com

Sodara sipudoko

Alexa Rank

Memulai bisnis tanpa modal yang besar

Di zaman sekarang ini untuk memulai bisnis tidak lagi memerlukan modal yang besar. Akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan pelaku bisnis startup yang sukses dalam menjalankan usahanya. Dari sisi modal usaha mereka tidak memerlukan modal besar, dari sisi usia mereka masih cukup muda dan dari segi pengalaman bisnispun belum begitu banyak. Beberapa contoh kesuksesan bisnis startup antara lain gantibaju.com, dalam membuat dan menjual baju dengan memanfaatkan crowdsourcing, padahal sebenarnya sama-sama menjual baju.

Ada beberapa model Bisnis startup di era digital ini yang sering dilakukan orang yaitu, monetize (cari uang) dan popularize (jadi populer dan mencari network).

Menurut Daniel, untuk bisa sukses bagi pelaku bisnis startup ada beberapa langkah yang bisa dilakukan antara lain:
Ini adalah modal awal dan mutlak untuk membangun kesuksesan.

Marketing (Pemasaran), marketing merupakan hal yang mutlak diperlukan, pemasaran harus mampu mengolah strategi dengan fokus dan banyak inovasi. Tidak lupa, start up harus menjalin relasi dengan customer dan prospect customer, serta tetap harus memilih segment market yang tepat (siapa sasaran market yang dituju).

Lebih baik fokus pada teknologi yang dikuasai dan mengolahnya dengan detail, kembangkan sedikit demi sedikit sesuai fokus bisnisnya.

Dari sisi Keuangan, Bisnis startup sebaginya memperbanyak network untuk mencari angel investor lokal agar terus besar sesuai visi, misi dan manfaatkan komunikasi yang low cost tapi impact besar.
Ada beberapa kelemahan bisnis startup yang kerap dijumpai yang datang dari faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor Internal meliputi modal, visi dan misi yang tidak jelas, ikut-ikutan tren, bahkan seringkali juga ketika sudah besar – owner-nya memutuskan keluar dan kembali kerja profesional padahal untuk membesarkan startup butuh fokus dan semangat inovasi dari owner secara langsung.

Faktor Eksternal, antara lain keterbatasan internet dan bandwidth yang membuat coverage jadi terbatas pada area-area tertentu dan terkadang skeptisme beberapa orang terhadap teknologi dan sosial media (pemberitaan negatif terus menerus di media) membuat masyarakat kurang mencermati dan memahami digital information dengan baik.

Agar bisnis startup bisa bertahan bahkan mencapai sukses haru memiliki visi dan misi yang jelas. Selain itu fokus pada bisnis yang ditekuni menjadi kunci sukses bisnis startup. Selain itu pelaku bisnis startup harus memiliki ambisi yang besar untuk membangun dan sukses dalam bisnisnya.
Anda telah membaca artikel berkategori Motivasi / Pengetahuan dengan judul Memulai bisnis tanpa modal yang besar. Anda boleh bookmark halaman ini dengan URL http://sipudoko.blogspot.com/2013/06/memulai-bisnis-tanpa-modal-yang-besar.html. Terima kasih.
- Sunday 23 June 2013

Belum ada komentar untuk "Memulai bisnis tanpa modal yang besar"

Post a Comment

  • About Us
  • Disclaimer
  • Privacy Police
  • Contact Us
  • Sitemap