Di zaman
sekarang ini untuk memulai bisnis tidak lagi memerlukan modal yang
besar. Akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan pelaku bisnis startup
yang sukses dalam menjalankan usahanya. Dari sisi modal usaha mereka tidak
memerlukan modal besar, dari sisi usia mereka masih cukup muda dan dari
segi pengalaman bisnispun belum begitu banyak. Beberapa contoh kesuksesan
bisnis startup antara lain gantibaju.com, dalam membuat dan
menjual baju dengan memanfaatkan crowdsourcing, padahal sebenarnya sama-sama
menjual baju.
Ada beberapa model Bisnis startup di era digital ini yang sering dilakukan orang yaitu, monetize (cari uang) dan popularize (jadi populer dan mencari network).
Ada beberapa model Bisnis startup di era digital ini yang sering dilakukan orang yaitu, monetize (cari uang) dan popularize (jadi populer dan mencari network).
Menurut
Daniel, untuk bisa sukses bagi pelaku bisnis startup ada beberapa langkah yang
bisa dilakukan antara lain:
Ini adalah
modal awal dan mutlak untuk membangun kesuksesan.
Marketing (Pemasaran), marketing merupakan hal yang mutlak diperlukan,
pemasaran harus mampu mengolah strategi dengan fokus dan banyak inovasi. Tidak
lupa, start up harus menjalin relasi dengan customer dan prospect customer,
serta tetap harus memilih segment market yang tepat (siapa sasaran market yang
dituju).
Lebih baik fokus pada teknologi yang dikuasai dan mengolahnya dengan detail,
kembangkan sedikit demi sedikit sesuai fokus bisnisnya.
Dari sisi Keuangan, Bisnis startup sebaginya memperbanyak network
untuk mencari angel investor lokal agar terus besar sesuai visi, misi dan
manfaatkan komunikasi yang low cost tapi impact besar.
Ada beberapa
kelemahan bisnis startup yang kerap dijumpai yang datang dari faktor
internal dan faktor eksternal.
Faktor Internal meliputi modal, visi dan misi yang tidak jelas, ikut-ikutan tren, bahkan seringkali juga ketika sudah besar – owner-nya memutuskan keluar dan kembali kerja profesional padahal untuk membesarkan startup butuh fokus dan semangat inovasi dari owner secara langsung.
Faktor Eksternal, antara lain keterbatasan internet dan bandwidth yang
membuat coverage jadi terbatas pada area-area tertentu dan terkadang skeptisme
beberapa orang terhadap teknologi dan sosial media (pemberitaan negatif terus
menerus di media) membuat masyarakat kurang mencermati dan memahami digital
information dengan baik.
Agar bisnis
startup bisa bertahan bahkan mencapai sukses haru memiliki visi dan misi
yang jelas. Selain itu fokus pada bisnis yang ditekuni menjadi kunci sukses
bisnis startup. Selain itu pelaku bisnis startup harus memiliki ambisi yang
besar untuk membangun dan sukses dalam bisnisnya.
Anda telah membaca artikel berkategori Motivasi /
Pengetahuan
dengan judul Memulai bisnis tanpa modal yang besar. Anda boleh bookmark halaman ini dengan URL http://sipudoko.blogspot.com/2013/06/memulai-bisnis-tanpa-modal-yang-besar.html. Terima kasih.
- Sunday, 23 June 2013
Belum ada komentar untuk "Memulai bisnis tanpa modal yang besar"
Post a Comment