pasang
Powered by Blogger.
SEO Reports for sipudoko.blogspot.com

Sodara sipudoko

Alexa Rank

Asal-Usul kata To Ugi (Suku Bugis)


Salam Sodara..,

Bertemuki lagi di Blog kesayangan kita semua.
Malam ini jam 3 lewat , kami ingin menuliskan dalam Artikel ini tentang Asal-Usul Kata To Ugi atau Suku Bugis.


Marimi kita bahas, Kedatuan Cina (bukan China Tiongkok yah..) merupakan Kerajaan tertua yang pernah ada di Wajo. La Sattumpugi' adalah Raja pertama kerajaan ini. Dia memperistrikan We Tenri Abang (Saudara We Datu Sengngeng) Ibunda dari Sawerigading Opunna Ware.

Bersama para pengikutnya, La Sattumpugi, datang ke Tana Ugi dengan menggunakan Perahu pada abad ke IX. Pada saat itu terbentuklah dua Kedatuan yang diberi nama Cina ri Lau dan Cina ri Aja. Wilayah kedatuan Cina ri Lau meliputi Bone sekarang yang dulunya berpusat di Cenrana, Bone Bagian Utara (Untuk kenangan masa lampau salah satu Kecamatan di Kabupaten Bone diberi nama Cina).
Sedangkan wilayah kedatuan Cina ri Aja meliputi Kabupaten Wajo saat ini.

Gabungan wilayah Kedatuan Cina ri Lau, Kedatuan Cina ri Aja dan Kedatuan Soppeng kemudian dikenal sebagai Tana Ugi. Kata Ugi sendiri berasal dari nama Raja pertama Kedatuan Cina yakni La Sattumpugi. Suku Bangsa yang mendiami wilayah tersebut disebut To Ugi dan kemudian menyebar ke wilayah sulawesi, ke Nusantara bahkan Dunia.


Sebagian besar wilayah Sulawesi Selatan didiami Suku bugis seperti Palopo, Pinrang, Bone, Soppeng, Sinjai, Polewali-Mamasa, Majene, Makassar, Barru , Pangkep, Maros dan Mamuju.

Di luar wilayah Sulawesi Selatan suku Bugis juga menyebar ke wilayah perantauan seperti Palu, Kendari, Kolaka, Buton Kalimantan dan Jawa bahkan banyka juga di luar negeri seperti Thailand, Singapura dan lain-lain


Suku Bugis memiliki ciri tersendiri. Suku Bugis memiliki Bahasa tersendiri yaitu Bahasa Bugis dengan hurufnya Lontara dan memiliki dialek yang khas. Suku Bugis kaya akan adat istiadat mulai dari pakaian, rumah, pernikahan, kelahiran dan lain-lain.

Falsafah dan Agama

Mengenai falsafah hidup yang menilai baik dan buruk, Suku Bugis pun memilikinya. Diantaranya falsafah hidup yang sangat terkenal adalah sipakatau sipakalebbi (Memanusiakan manusia dan saling menghargai) dan pada idi pada elo (sesama manusia berbuat baiklah).

Mengenai Agama yang dianut, dahulu To Ugi menganut paham Animisme, namun sejak Islam disebarkan oleh ulama-ulama dari Aceh pada abad ke-17 maka banyak Suku Bugis yang memeluk Agama Islam. Sisa-sisa Animisme masih tersisah di beberapa desa di wilayah Pangkep dan Sidrap tetapi jumlah pengikutnya sangat sedikit.


Anda telah membaca artikel berkategori Pengetahuan dengan judul Asal-Usul kata To Ugi (Suku Bugis). Anda boleh bookmark halaman ini dengan URL http://sipudoko.blogspot.com/2013/05/asal-usul-kata-to-ugi-suku-bugis.html. Terima kasih.
- Sunday 5 May 2013

Belum ada komentar untuk "Asal-Usul kata To Ugi (Suku Bugis)"

Post a Comment

  • About Us
  • Disclaimer
  • Privacy Police
  • Contact Us
  • Sitemap